Senin, 08 Mei 2017

Diterima Magang di Kemlu

Hallo leute!



Ada kabar  gemira, hari ini aku dapat kabar kalau akhirnya aku dapet tempat magang. Karena semester 6 mengharuskan mahasiswa SASJER mengikuti PKL/Magang, bulan februari 2017 lalu aku sibuk cari tempat magang. Sumpah galau ya ternyata nyari tempat magang.

Awalnya aku pengen magang di Tour Travel gitu, karena ngarep bisa jadi Tour Leader, tapiii ehh ternyata kalo magang di Tour Travel itu kemungkinan besar ada di bagian Ticketing. Awalnya pengen ke Jogja karena kemungkinan di Jogja itu banyak Turis asing, yah hitung-hitung bahasa Jerman-ku bisa kepake' kalo ketemu bule. Tapi sumpah ribeeet banget syaratnya kalo mau magang di Tour Travel, harus ke ASITA/AKITA gitu namanya aku lupa (pokoknya itu nama instansi biro travel se Jogja). Setelah itu gaes, aku konsul ke salah satu dosen, dan dia ngasih tau kalo magang di suatu Tour Travel itu jangan berharap banyak pokoknya. Nah pas lagi konsul ke dosen itu, ada salah satu temanku yang juga konsul masalah magang. Namanya Clo, dia pengen magang di Kemlu tapi gak ada temennya, jadi dia gak berani daftar kesana.

Setelah mendengar berita itu,  pulang kuliah aku terus kepikiran tentang magang di kemlu. Motoran dari malang sampai panjen yang aku pikirin cuma KEMLU (*maafalay). Pas uda sampai rumah langsung browsing kan, dan langsung baca di google tentang pengalaman-pengalaman mahasiswa yang sudah pernah magang di kemlu. Sumpah aku langsung interrest banget. Langsung aja aku hubungi Clo dan ngerayu dia buat coba daftar magang di kemlu.

Setelah baca pengalaman-pengalaman orang yang sudah pernah magang di kemlu aku yakin buangeet ini jalanku, aku tertarik sama hal-hal yang berhubungan dengan luar negeri. InshaAllah S2 pengen ngambil HI, makanya pengen banget magang di kemlu. Yaah meskipun aku gak terlalu pintar, tapi aku berani nyoba dan berani berusaha. Teman-temenku pas tau aku daftar di kemlu pada meragukanku. Trus ada temenku namanya Mbak Ken sama Hana, dia juga pengen nyoba daftar di kemlu, mereka berdua ini adalah master bahasa jerman di angkatanku.

Pada akhirnya aku dan Clo udah ngirim proposal kita lewat JNE leih cepat daripada Mbak Ken dan Hana. Setelah lebih dari satu bulan aku nunggu kok gak pernah dihubungi sama pihak kemlu-nya? jangan-jangan ditolak?... Jadi selama awal Mei itu aku baru *gopoh cari tempat magang karena udah breakdown sama hasil yang di kemlu. Aku nyoba daftar ke Wisma Jerman di surabaya, trus Dinas Pariwisata Sidoarjo, sama Hotel di Batu atau Jatim Park Groub. Udah gitu Mbak Ken ama Hana udah dapat kabar kalo mereka diterima di Kemlu. Sumpah minggu itu aku stress buanget, karena 80% dari temen seangkatanku udah pada dapet tempat magang. Aku mulai browsing-browsing lagi pengalaman anak-anak yang pernah magang di kemlu biar ada motivaasi. Setelah nemu motivasi aku minta Clo buat ngehubungi pihak kemlunya~ daaan ternyata kita berdua diterima magang di Direktorat Jendral Amerika Eropa yang Eropa II. duuh senangnya~ Alhamdulilaaaah~

Semoga nantinya bisa belajar banyak di tempat magang~ Aamiin...
Oke sekian! Bye~